Minggu, 08 Mei 2011

TIPS DAN TRIK MENGOPTIMALKAN WINDOWS VISTA


Dalam kehidupan sehiari-hari kita dituntut untuk melakukan aktivitas yang sangat padat. Terkadang aktivitas itu memerlukan sebuah komputer atau laptop. Namun pada komputer ini, terkadang kita mengalami hambatan dalam mengoperasikan komputer karena sistem operasi yang berjalan lambat. Pada artikel ini dibahas cara meningkatkan kinerja Windows Vista sehingga para pemula tidak akan kaget pada saat menggunakannya sangat lambat. Tips ini mungkin bisa menolong agar sistem memory komputer anda akan lebih teralokasi dengan baik agar dapat bekerja dengan lancar.

Langkah pertama adalah menyeleksi aplikasi-aplikasi pada Startup items. Pada Windows Vista akan secara otomatis menambahkan sejumlah aplikasi pada startup secara default saat menginstal pada pertama kali terlebih jika digunakan pada laptop. Startup item yang banyak dapat memberikan efek pada kemampuan kinerja laptop . untuk menghilangkan aplikasi yang dibutuhkan pada startup cukup mudah. Pada search box, ketik “msconfig” kemudian akan tampil jendela System Configuration Utility. Klik pada tab “Startup” dan akan muncul sederet startup item. Pilih aplikasi yang akan Anda nonaktifkan dan yang diaktifkan dengan cara meng”unchek” pada box “chek” saja. Setelah itu klik “OK” kemudian klik “Apply”. Restart komputer maka Anda akan melihat perubahan.
Matikan Windows Search Indexing. Search indexing pada Windows Vista secara konstan memeriksa file-file yang terdapat pada sistem. Hal ini cukup erguna untuk fungsi pencarian, namun menimbulkan dampak yang cukup signifikan pada performa. Cara untuk menonaktifkan adalah: klik “Start” kemudian “Computer” klik kanan pada “Drive (C)”. pada tab “General”, kosongkan pilihan “index this drive for faster searching”. Pada dialog box yang muncul, pilih untuk menyertakan perubahan pada subfolder dan file. Lakukan hal sama pada drive lain jika memiliki lebih dari 1 partisi/hard drive.
Pada desktop, usahakan jumlah icon-icon seminimal mungkin. Mempunyai banyak icon pada desktop juga akan menurunkan performa sistem saat startup. Cobalah untuk mengelompokkan setiap icon pada desktop. Kelompokkan ke dalam folder yang ditaruh pada desktop sehingga desktop tidak terlalu dipernuhi dengan icon-icon program koleksi anda.
Nonaktifkan Windows Sidebar. Hal ini akan menghemat jumlah memory yang terpakai dan dapat digunakan pada proses lainnya.
Menonaktifkan “Remote Differential Compression” pada jaringan agar daat mengirimkan file tersebut dengan bandwidth seminimal mungkin tanpa harus mengirimkan keseluruhan file yang telah diterima/dikirimkan sebelumnya. Caranya adalah: buka “Control Panel” pindahkan ke tampilan “Classic View” pilih “Program Feature” pilih “Turn Windows feature on and off” scroll ke bawah dan kosongkan pilihan “Remote Differential Compression”

1 komentar:

agen obat vimex mengatakan...

sipp gan

Posting Komentar